About

Wayang yang kita Lihat sekarang ini berbeda dengan wayang pada masa lalu, begitu pula wayang di masa depan akan berubah sesuai zamannya. Tidak ada sesuatu seni budaya yang mandeg, Seni Budaya akan selalu berubah dan berkembang, namun perubahan seni budaya wayang ini tidak berpengaruh terhadap jati dirinya, karena wayang telah memiliki landasan yang kokoh. Landasan utamanya adalah sifat 'HAMOT, HAMONG, HAMEMANGKAT' yang menyebabkannya memiliki daya tahan dan daya kembang wayang sepanjang zaman.

HAMOT adalah keterbukaan untuk menerima pengaruh dan masukan dari dalam dan luar, HAMONG adalah kemampuan untuk menyaring unsur-unsur baru itu sesuai nilai-nilai wayang yang ada, un tuk selanjutnya diangkat menjadi nilai-nilai yang cocok dengan wayang sebagai bekal untuk bergerak maju sesuai perkembangan masyarakat. HAMEMANGKAT atau memangkat sesuatu nilai menjadi nilai baru. dan, ini jelas tidak mudah. 

Harus melalui proses panjang yang di cerna dengan cerma. Wayang dan seni pedalangan sudah membuktikan kemampuan itu, berawal dari zaman kuna, zaman hindu, masuknya agama islam, zaman penjajahan hingga zaman merdeka, dan pada masa pembangunan nasional dewasa ini. Kehidupan global juga merupakan tantangan dan sudah tentu wayang akan di uji ketahanannya dalam menghadapinya.

Info Wayang Indonesia merupakan website atau portal yang memberikan informasi dan pengetahuan menarik seputar  wayang dan tokoh-tokoh wayang yang ada di Indonesia. wayang merupakan karya asli Indonesia yang diciptakan oleh para leluhur kita sebagai karya adiluhung bangsa kita.

Wayang merupakan salah satu warisan budaya Nusantara yang telah diakui secara internasional sebagai warisan dunia yang ada di Indonesia., dengan dibuktikan adanya pengakuan dari lembaga kebudayaan yang bernaung di bawah badan dunia PBB yaitu UNESCO.

Hal ini tentu saja sangat menarik untuk dibahas dan dipelajari.  Informasi-informasi mengenai wayang seharusnya perlu juga untuk diajarkan, agar generasi-generasi kita selanjutnya tetap dapat mengetahui, mengerti, menikmati, serta ikut melestarikannya.  Upaya pelestarian tersebut tentunya agar tidak hilang ditelan perubahan zaman.

Dalam rangka ikut berperan dalam usaha pelestarian warisan budaya kita tersebut, maka kami mencoba membuat website yang mengetengahkan tentang informasi-informasi menarik seputar wayang beserta gambar-gambar dan foto-foto yang berkaitan dengannya.

Upaya ini dimaksudkan minimal sebagai pengingat pribadi.  Namun tujuan utamanya adalah memberikan sumbangsih bagi kelestarian budaya Nusantara.

Dengan dibuatnya website ini, harapan kami semoga informasi-informasi yang ada pada website ini dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca, dapat menambah wawasan bagi para pembaca mengenai wayang berikut dengan seluk beluknya.

Semoga informasi-informasi yang kami sajikan dapat menambah rasa cinta dan bangga terhadap wayang.  Adanya rasa cinta dan bangga ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki sehingga menumbuhkan kesadaran untuk selalu menjaga, merawat dan melestarikannya.

Kami menyadari bahwa informasi yang ada pada website ini cukup terbatas, dan barangkali tidak akan dapat menghilangkan rasa penasaran dan hausnya akan Informasi Anda.


Hal ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman dari kontributor.  Namun dengan keterbatasan tersebut, kami pengembang berusaha untuk menyajikan sajian yang terbaik.

salam tim pengembang Watu Lintang Media

This Newest This Older
 

Start typing and press Enter to search