Watak, Karakter Pandawa Lima - Wayang Kulit

- October 11, 2019
Watak dan karakter yang di miliki oleh tokoh wayang Pandawa Lima. sebelum lebih jauh ke pokok perlu di ketahui arti atau penjelasan tentang karakter atau watak itu sendiri.

Karakter atau Watak adalah sifat batin yang memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang di miliki oleh seseorang atau manusia ataupun makluk hidup lainnya, dalam hal ini tokoh wayang tersebut. Mari kita simak penjelasan singkat tentag watak dan karakter Pandawa Lima.
Pandawa Lima - sumber gambar
Siapa saja Pandawa Lima itu berikut nama-nama tersebut :
  1. Yudhisthira
  2. Werkudara
  3. Arjuna
  4. Nakula 
  5. Sadewa

YUDHISTHIRA
Yudhisthira


Nama Asli   : Yudhisthira
Asal             : Hastinapura, Kerajaan Kurukshetra
Pusaka         : Jamus Kalimasada, Tunggulnaga, Robyong Mustikawarih
Watak          : Jujur, Suka mengalah, Tidak pernah sakit hati, Bijaksana
Kesatriaan   : Ngamarta

Yudistira memiliki nama kecilnya yaitu Puntadewa. Ia merupakan yang tertua di antara lima Pandawa, atau para putera Pandu dengan Dewi Kunti. Ia merupakan penjelmaan dari Dewa Yama. Yudistira memerintah di Kerajaan Amarta.

Karakter
Sifatnya sangat bijaksana, tidak memiliki musuh, hampir tak pernah berdusta seumur hidupnya. Memiliki moral yang sangat tinggi, suka memaafkan serta suka mengampuni musuh yang sudah menyerah. Sifat lainnya yang menonjol adalah adil, sabar, jujur, taat terhadap ajaran agama, penuh percaya diri, dan berani berspekulasi.

WERKUDARA
Bima

Nama Asli   : Werkudara
Asal             : Hastinapura, Kerajaan Kurukshetra
Pusaka         : Kuku Pancakenaka, Alugara, Bargawa dan Bargawasta
Watak          : Berani membela yang benar
Kesatriaan   : Jodhipati

Bima dengan nama kecilnya Sena. Bima merupakan putra kedua Pandu dengan Dewi Kunti. Ia merupakan penjelmaan dari Dewa Bayu sehingga memiliki nama julukan Bayusutha. Bima sangat kuat, lengannya panjang, tubuhnya tinggi, dan berwajah paling sangar di antara saudara-saudaranya. Meskipun demikian, ia memiliki hati yang baik. Pandai memainkan senjata gada. Senjata gadanya bernama Rujakpala. Bima juga dijuluki Werkudara. Dalam pewayangan Jawa, Bima memiliki anak yaitu Gatotkaca, Antareja dan Antasena.

Karakter
Bima memililki sifat dan perwatakan; gagah berani, teguh, kuat, tabah, patuh dan jujur.
Ia juga memiliki sifat kasar dan menakutkan bagi musuh, walaupun sebenarnya   hatinya lembut,  setia pada satu sikap, tidak suka berbasa basi dan tak pernah bersikap mendua serta tidak pernah menjilat ludahnya sendiri.

ARJUNA

Nama Asli   : Arjuna
Asal             : Hastinapura, Kerajaan Kurukshetra
Pusaka         : Pasupati, Gendiwa
Watak          : Suka menolong
Kesatriaan   : Madukara

Arjuna dengan nama kecilnya Permadi. Arjuna merupakan putra bungsu Dewi Kunti dengan Pandu. Ia merupakan penjelmaan dari Dewa Indra, Sang Dewa perang. Ia adalah ksatria cerdik dan gemar berkelana, gemar bertapa dan berguru menuntut ilmu. Arjuna memiliki kemahiran dalam ilmu memanah dan dianggap sebagai ksatria. Kemahirannnya dalam ilmu peperangan menjadikannya sebagai tumpuan para Pandawa agar mampu memperoleh kemenangan saat pertempuran besar di melawan Kurawa. Arjuna dikenal juga dengan nama Janaka. Ia memimpin kerajaan di Madukara

Karakter
Arjuna memiliki sifat perwatakan cerdik pandai, pendiam, lemah lembut budinya,teliti, sopan-santun, berani dan suka melindungi yang lemah.

NAKULA
Nakula

Nama Asli   : Nakula
Asal             : Hastinapura, Kerajaan Kurukshetra
Pusaka         : Pedang Tirtamanik
Watak          : Tidak suka mencampuri urusan orang lain
Kesatriaan   : Bumi Retawu

Nakula dengan nama kecilnya Pinten. Nakula merupakan salah satu putera kembar pasangan Dewi Madrim dan Pandu. Ia merupakan penjelmaan Dewa kembar bernama Aswin, Sang Dewa pengobatan. Nakula pandai memainkan senjata pedang. Nakula merupakan pria yang paling tampan di dunia dan merupakan seorang ksatria berpedang yang tangguh.

Karakter
Perwatakan jujur, setia, taat pada orang tua dan tahu membalas budi serta dapat menjaga rahasia.

SADEWA

Nama Asli   : Sadewa
Asal             : Hastinapura, Kerajaan Kurukshetra
Pusaka         : Pedang Tirtamanik
Watak          : Tidak suka mencampuri urusan orang lain
Kesatriaan   : Sawojajar

Sadewa dengan nama kecilnya Tangsen. Sadewa merupakan salah satu putera kembar pasangan Dewi Madri dan Pandu. Ia merupakan penjelmaan Dewa kembar bernama Aswin, Sang Dewa pengobatan. Sadewa adalah orang yang sangat rajin dan bijaksana. Sadewa juga merupakan seseorang yang ahli dalam ilmu astronomi.

Karakter
Perwatakan jujur, setia, taat pada orang tua dan tahu membalas budi serta dapat menjaga rahasia.

Add your message to every single people do comment here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search